Jumat, 15 April 2011

Tempat-tempat di Indonesia yang dilindungi UNESCO

1.Taman Nasional Ujung Kulon

terletak di ujung barat Jawa, di dekat Sunda, termasuk semenanjung Ujung Kulon dan pulau-pulau lepas pantai dan meliputi beberapa cagar alam Krakatau. Beberapa spesies tanaman dan hewan langka dapat ditemukan di sana. Badak Jawa yang paling terancam kepunahan. mari kita lestarikan








2.Candi Borobudur
Candi Budha yang sangat terkenal, berasal dari abad ke-8 dan 9, terletak di Jawa Tengah. Dibangun dalam tiga tingkatan: dasar candi ada lima teras persegi konsentris, di batang kerucut ada tiga platform melingkar dan, di atas, sebuah stupa monumental. Dinding yang dihiasi dengan relief rendah halus, dengan luas permukaan total 2.500 m2. Sekitar platform melingkar terdapat 72 stupa kerawang masing-masing berisi patung Buddha. Candi ini dipugar dengan bantuan UNESCO pada 1970-an. 










3.Taman Nasional Komodo
Pulau Komodo adalah pulau vulkanik yang dihuni sekitar 5.700 kadal raksasa, yang berpenampilan dan berperilaku agresif yang menyebabkan mereka yang disebut 'Komodo'. Komodo tak ada di tempat lain di dunia selain di Pulau Komodo. 


4.Hutan Hujan Tropis Sumatera
Hutan hujan seluas 2,5 juta hektar ini terdiri dari tiga taman nasional: Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan . Hutan ini memiliki potensi terbesar bagi konservasi jangka panjang dari biota khas dan beragam di Sumatera, termasuk spesies terancam punah yang sangat banyak. Kawasan lindung merupakan rumah bagi spesies diperkirakan 10.000 tanaman, termasuk 17 marga endemik, 200 lebih spesies mamalia, dan 580 jenis burung yang 465 adalah spesies lokal dan 21 yang endemik. Dari spesies mamalia, 22 adalah spesies Asia, termasuk Orang-utan Sumatra endemik. Situs ini juga menyediakan bukti evolusi biogeografi pulau Sumatera









5.Candi Prambanan
Dibangun pada abad ke-10, ini adalah kompleks kuil terbesar didedikasikan untuk dewa Siwa. Candi dihiasi dengan relief yang menggambarkan epos dari Ramayana, yang didedikasikan untuk tiga dewa besar Hindu (Siwa, Wisnu dan Brahma). 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar