Jumat, 15 April 2011

6 Hewan Dengan Mata yang luar bisa

Spookfish adalahikan hantu yang tampak yang memiliki beberapa struktur mata paling aneh dikenal ilmu pengetahuan; mata masing-masing memiliki lateral bengkak disebut divertikulum, dipisahkan dari mata utama dengan septum. Sedangkan bagian utama mata memiliki lensa dan fungsi dalam cara yang mirip dengan mata hewan lainnya, divertikulum memiliki cerminSpookfish adalah satu-satunya vertebrata yang diketahui menggunakan struktur mata cermin untuk melihat, serta lensa biasa. Spookfish ditemukan di seluruh dunia namun jarang untuk melihat, karena mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka pada kedalaman 1000-2000 meter. Mereka memakan krustasea kecil dan plankton, dan ukuran sekitar 18 cm.



Daun tokek tailed memiliki mata yang luar biasa. Mata ini juga memiliki banyak sel lebih peka cahaya daripada mata manusia, memberikan kemampuan untuk mendeteksi benda-benda dan bahkan untuk melihat warna pada malam hari.



Bunglon terkenal karena kemampuan mereka untuk mengubah warna, kemampuan yang membantu mereka berkomunikasi dan mengekspresikan niat mereka, atau suasana hati, kepada bunglon lain.
Bunglon memiliki penglihatan sangat tajam, bisa melihat beberapa meter jauhnya serangga, dan seperti tersier, mereka dapat melihat cahaya ultraviolet.



Laba-laba dikenal karena memiliki banyak mata (meskipun ini sangat bervariasi di antara spesies yang berbeda, dengan beberapa memiliki mata dua, empat, enam atau delapan). Laba-laba berwajah Ogre memiliki enam mata, namun tampak seolah-olah hanya memiliki dua karena pasangan tengah sangat diperbesar. Ini merupakan adaptasi untuk gaya hidup nocturnal; laba-laba raksasa yang dihadapi memiliki visi malam yang luar biasa bukan hanya karena mata besar mereka, tetapi karena lapisan sensitif sangat ringan sel meliputi mereka.
Membran ini sangat sensitif dalam kenyataan, bahwa itu hancur pada waktu fajar dan yang baru diproduksi setiap malam. Laba-laba raksasa yang dihadapi adalah tidak biasa karena mereka dapat melihat dengan sempurna di malam hari meskipun mereka kurang tapetum lucidum, sebuah reflektif membran yang membantu laba-laba lain (dan predator lain seperti kucing) untuk melihat dalam kondisi cahaya rendah. Sebagai soal fakta, ilmuwan percaya bahwa laba-laba raksasa yang dihadapi memiliki visi malam lebih baik daripada kucing, hiu, atau bahkan burung hantu (yang dapat melihat hingga 100 kali lebih baik daripada manusia di malam hari!).


1 Four eyed fish Ditemukan di Meksiko dan Amerika Tengah, serta Utara Amerika Selatan. Meskipun nama mereka, empat ikan bermata hanya memiliki dua mata.
Namun, mata ini dibagi oleh jaringan dan setiap setengah mata memiliki pupil sendiri. Hal ini memungkinkan adaptasi aneh ikan empat mata untuk melihat dengan sempurna(dan pada saat yang sama) baik di atas dan di bawah permukaan air.


Udang mantis sebenarnya bukan udang, tapi jenis Crustacea berbeda dari urutan Stomatopoda. Dikenal untuk agresivitas dan persenjataan yang tangguh (mereka memiliki cakar yang sangat tajam dan kuat dan dapat membagi sebuah jari manusia dalam dua atau bahkan istirahat akuarium kaca dengan satu serangan tunggal), udang mantis adalah predator rakus kebanyakan ditemukan di perairan tropis. Mata mereka majemuk, seperti yang capung, meskipun mereka memiliki jumlah yang jauh lebih kecil dari ommatidia (sekitar 10.000 per mata), namun di setiap baris udang mantis ommatidia memiliki fungsi tertentu. Sebagai contoh, beberapa dari mereka yang digunakan untuk mendeteksi cahaya, yang lain untuk mendeteksi warna, dll udang Mantis bisa melihat warna jauh lebih baik dari manusia (mata mereka memiliki 12 jenis reseptor warna, sedangkan manusia hanya memiliki tiga), serta ultraviolet, inframerah dan visi terpolarisasi cahaya, sehingga memiliki penglihatan paling kompleks dari setiap hewan diketahui. Mata terletak di ujung batang, dan dapat dipindahkan secara independen dari satu sama lain, berputar hingga 70 derajat. Menariknya, informasi visual diproses oleh mata sendiri, bukan otak.

sekian dan terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar